RUANG LINGKUP KBK
SPICES adalah :
SPICES adalah :
- Student Centered : Metode pembelajaran di mana mahasiswa harus aktif dan mandiri serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
- Problem Based : Pembelajaran diarahkan pada kasus atau problem yang ada.
- Integrated : Setiap mata kuliah memiliki keterkaitan yang erat.
- Community Oriented : Penyakit yang mewabah di masyarakat menjadi prioritas
- Elective with core : Pembelajaran difokuskan pada satu mata kuliah dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.
- Systematic : Pembelajaran disusun dengan rapih dan sistematik.
Definisi "Kompetensi" sesuai dengan SK Mendiknas No.045/U/2002 Pasal I
"Seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu."
7 Area Kompetensi Utama dalam KBK (KIPDI-III)
- Komunikasi Efektif
- Keterampilan Klinis
- Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran
- Pengelolaan Masalah Kesehatan
- Pengelolaan Informasi
- Pengembangan Diri
- Etika, Moral, Medikolegal, Profesional
3 Tahapan Kurikulum sebagai Implementasi KBK di Fakultas Kedokteran
- Tahap Pendidikan Umum (General Education)
Kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian dan kuliah non-blok yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester 1. - Tahap Pendidikan Terintegrasi
Selama 6 semester, mulai dari II-VII. Pembelajaran berupa Ilmu Kedokteran Dasar dan Keterampilan Klinik Dasar (Basic Medical Science & Basic Medical Skills) - Tahap Pendidikan Klinik
Selama 3 Semester, mulai dari semester VIII-X
Modal Utama yang Dibutuhkan Mahasiswa Masa Kini
- Knowledge (Ilmu Pengetahuan)
- Skill
a. English Skill
b. Computer Skill
c. Learning Skill - Attitude
- Financial / Ekonomi
CARA PEMBELAJARAN ORANG DEWASA
Tujuan Pembelajaran Orang Dewasa
- Tujuan utama POD adalah untuk membantu setiap mahasiswa sebagai orang dewasa untuk mengembangkan diri melalui pendidikan. Tidak ada satu sistem POD yang dapat memenuhi semua kebutuhan belajar dan keinginan mahasiswa.
- Sekalipun demikian, tidak menutup kemungkinan usaha-usaha untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki sebaik mungkin.
Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa
- Cara belajar orang dewasa secara langsung dari pengalaman
- Suatu proses pendidikan yang dapat mengurangi konflik-konflik sosial, melalui kegiatan-kegiatan antar pribadi dalam kelompok belajar itu.
- Suatu proses belajar yang baik yang diarahkan sendiri, dimana kita secara terus-menerus dapat menilai kembali kebutuhan belajar yang timbul dari tuntunan situasi yang selalu berubah.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran Orang Dewasa
- Kebebasan
- Tanggung Jawab
- Pengambilan Keputusan Sendiri
- Pengarahan Diri Sendiri
- Psikologis
- Fisik
- Motivasi
PERAN KESEHATAN JIWA DALAM PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA
Cara Mempertahankan Status Gizi yang Optimal untuk Pembelajaran
Faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi :
- Ukuran Tubuh
- Usia
- Jenis Kelamin
- Kondisi Tubuh
- Iklim
- Aktivitas Perorangan
Cara menentukan status gizi
Cara Brocca :
BBI = (TB - 100) - 10%(TB - 100)
- Overweight / Kelebihan : 10% - 20% lebih dari BBI
- Obes : di atas 20% lebih dari BBI
- Kekurangan : di bawah 10% dari BBI
Ket :
- BBI : Berat Badan Ideal
- TB : Tinggi Badan
Indeks Masa Tubuh (IMT) / Body Mass Index (BMI)
IMT = BB / TB kuadrat
- Normal : 18,5 - 24,9
Menentukan Kebutuhan Gizi
- Ukuran Tubuh
Dinyatakan dengan berat badan ideal. Makin besar tubuh, makin besar kebutuhan gizinya. - Usia
Dinyatakan dalam tahun dimana kecepatan pertumbuhan cenderung berkurang seiring dengan pertambahan usia sehingga makin tua usia seseorang, makin berkurang kebutuhan gizinya. - Jenis Kelamin
Laki-laki memerlukan gizi lebih banyak dibanding wanita. - Kondisi Tubuh
Kondisi seperti baru sembuh sakit, baru operasi, sedang hamil harus memerlukan gizi yang lebih besar dari keadaan biasa. - Iklim dan Lingkungan
Di tempat yang dingin memerlukan gizi lebih besar dari tempat yang panas. Di musim hujan memerlukan gizi yang lebih banyak dibanding musim kemarau. - Tingkat Aktivitas
Dapat digolongkan dalam tiga tingkatan yaitu kerja berat, sedang, ringan. Makin berat kerja yang dilakukan, makin tinggi kebutuhan gizinya.
MENJELASKAN DASAR-DASAR ILMU PENYAKIT
Struktur Tubuh
- Sel
Unit fungsional dan struktural terkecil - Jaringan
Susunan dari sel-sel - Organ
Susunan jaringan-jaringan yang membentuk suatu fungsi tertentu - Organisme / Tubuh
Susunan dari organ-organ secara lengkap ataupun tidak
4 Aspek Penyakit
- Etiologi : Penyebab penyakit
- Patogenesis : Perjalanan penyakit
- Perubahan morfologi (perubahan bentuk organ atau ukuran organ)
- Gangguan fungsi, gejala, tanda klinis
Jenis-Jenis Pemeriksaan dalam Bidang Kedokteran
- Observasi / Anamnesis
- Pemeriksaan Fisik
- Pemeriksaan Laboratorium
- Pemeriksaan Radiologik
- Pemeriksaan lain yang berkaitan
Menjelaskan Urutan Cara Mendiagnosis Suatu Penyakit
- Anamnesa (tanya jawab antara dokter dan pasiennya)
- Pemeriksaan Fisik
- Pemeriksaan Laboratorium
- Dari data pemeriksaan baru diketahui jenis penyakit
Cara Menangani Penderita Secara Garis Besar
- Terapi
Dilakukan tindakan berdasarkan diagnosis yang ditegakkan - Rujukan
Dilakukan bila tidak mampu melakukan tindakan oleh karena keterbatasan kemampuan, fasilitas, sarana, aturan, dll.
DASAR-DASAR ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
5 Tingkatan Pencegahan Penyakit
- Pengorganisasian pelayanan medis
- Pemberantasan penyakit menular
- Pendidikan kebersihan perorangan
- Memperhatikan sanitasi lingkungan
- Penyuluhan kesehatan masyarakat
Konsep Dokter Keluarga
- Mampu menerapkan keterampilan klinik
- Bekerja Harmonis, satu tim, profesional
- Memiliki keterampilan manajemen pelayanan klinik
- Memberikan pelayanan kedokteran berdasarkan etika moral dan spiritual
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan
No comments:
Post a Comment